Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Matematika Menurut Ahli

Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Matematika Menurut Ahli

1. Pengertian Matematika

Istilah Matematika berasal dari bahasa Yunani “Mathein” atau “Manthenein” artinya “mempelajari”. Russel (Uno & Umar: 2009: 108) mendefinisikan Matematika sebagai suatu studi yang dimulai dari pengkajian bagian-bagian yang sangat dikenal menuju arah yang tidak dikenal. Arah tersebut tersusun secara baik bertahap menuju arah yang kompleks dari bilangan bulat ke bilangan pecahan, bilangan riil ke arah bilangan kompleks, dari penjumlahan dan perkalian ke arah integral, serta menuju Matematika yang lebih tinggi. Selanjutnya, Wahyudi (2008) berpendapat, “Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran yang sudah ada sebelumnya dan diterima, sehingga kebenaran antar konsep dalam Matematika bersifat sangat kuat dan jelas” (hlm. 3).
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Matematika adalah suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dibangun dengan pola pemikiran deduktif dimana dalil-dalil setelah dibuktikan kebenarannya melalui pemecahan masalah, sehingga berlaku secara umum.

2. Fungsi Matematika di SD

Menurut Wahyudi (2008) “Fungsi dari Matematika yaitu mengembangkan kemampuan bernalar melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, dan eksperimen, sebagai alat pemecahan masalah melalui pola pikir dan model Matematika serta sebagai alat komunikasi melalui simbol, tabel, grafik, diagram, dalam menjelaskan gagasan” (hlm. 3).
Selanjutnya, Uno & Umar (mengutip pendapat Cockroft) menyatakan bahwa “Fungsi Matematika menyediakan suatu daya, alat komunikasi yang singkat dan tidak ambigu, serta sebagai alat untuk mendeskripsikan dan memprediksi suatu hasil atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari” (2009: 108).
Berdasarkan beberapa penjelasan tentang fungsi Matematika, dapat disimpulkan bahwa fungsi Matematika yaitu sebagai alat komunikasi, alat pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan mendiskripsikan, dan memprediksi dengan pemikiran atau logika dari materi yang sederhana sampai pada tingkat lebih kompleks.

3. Tujuan Matematika di SD

Tujuan Matematika di sekolah dasar yang tercantum dalam Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006 yaitu agar peserta didik mempunyai kemampuan, sebagai berikut: (a) memahami konsep Matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah; (b) menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi Matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan Matematika; (c) memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model Matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh; (d) mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah; dan (e) memiliki sikap menghargai kegunaan Matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari Matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Berdasarkan pendapat tentang tujuan mata pelajaran Matematika, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari mata pelajaran Matematika disekolah dasar adalah untuk mempersiapkan individu (siswa) melalui suatu latihan agar dapat mempunyai keterampilan menggunakan Matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui sikap dan pemikiran yang logis, kritis, kreatif, dan disiplin.
Tujuan Matematika untuk SD kelas V semester II berdasarkan KTSP dapat diuraikan menjadi, yaitu: a) memiliki kemampuan dalam operasikan hitung pecahan; b) memiliki kemampuan menggunakan operasi hitung pecahan dalam kehidupan sehari-hari; c) memiliki kemampuan menganalisis, mengidentifikasi bangun datar yang ada di sekitar; dan d) memiliki kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Nah demikianlah Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Matematika, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Matematika Menurut Ahli"